Home & Living

All about Home & Living


Yuk Mom, Lindungi Keluarga dari Ancaman ISPA dengan 6 Langkah Mudah Ini!

mencegah ISPA menyebar lebih luas dengan melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut

18 September 2019 8:00

Tragedi kabut asap kembali melanda Indonesia. Bahkan di Pekanbaru baru-baru ini, sekolah mesti diliburkan karena pekatnya kabut asap akibat karhutla. Kondisi udara yang buruk di Pekanbaru dan beberapa wilayah di Kalimantan tentu saja mendatangkan keprihatinan bagi seluruh masyarakat Indonesia karena menimbulkan berbagai masalah kesehatan serius, salah satunya adalah ISPA. 

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) adalah infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia, yang memiliki sistem kekebalan rendah, dan sangat mudah menular. Tapi, Anda dapat mencegah ISPA menyebar lebih luas dengan melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut ini.

1. Banyak minum air putih

Sebagai langkah pencegahan dini terhadap ISPA, Anda harus lebih banyak mengonsumsi air putih atau air mineral. Asupan air putih yang cukup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, air putih juga membantu mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan.

Menambahkan lemon atau madu pada air yang Anda minum tidak hanya memperkaya rasa tapi juga membantu meredakan serangan batuk akibat ISPA. Jadi, bila tidak suka air putih Anda bisa memilih alternatif ini untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat ISPA merebak.

2. Tidak malas mencuci tangan

ISPA dapat dicegah dengan kebiasaan mencuci tangan secara teratur, terutama setelah beraktivitas di tempat umum. Menurut para ahli, benda yang sering dipegang orang, salah satunya gagang pintu, sangat rentan sebagai tempat penularan virus bakteri penyebab ISPA. Setelah memegang benda-benda tersebut kemudian tak sengaja mengorek hidung maka virus dapat masuk ke saluran pernafasan dan terjadilah penularan ISPA.

Namun, dengan tangan bersih karena rajin dicuci, dan menghindari menyentuh wajah secara sembarangan, terutama bagian mulut, mata dan hidung, penularan baktei dan virus ISPA dapat dicegah.

3. Menjauhi rokok

Bagi perokok aktif, disarankan untuk menahan diri agar tidak merokok terutama saat kualitas udara sedang buruk. Merokok dapat menurunkan daya tahan paru dan saluran nafas sehingga saat virus dan kuman ISPA menyerang Anda tidak akan mempunyai daya tahan yang baik untuk menghindarinya.

4. Menggunakan masker saat keluar rumah

Saat kabut asap melanda, Anda sebaiknya tidak melakukan banyak aktivitas di luar rumah tapi bila mesti keluar rumah usahakan untuk mengenakan masker sebagai upaya pencegahan terhadap ISPA. Masker mampu menyaring virus dan kuman penyebab ISPA yang mungkin dibawa oleh orang sekitar.

Untuk perlindungan penih, para ahli menyarankan untuk memilih jenis masker pespiratorat partikulat dengan peringkat N95 atau P100.

5. Makan makanan bergizi

Kunci utama pencegahan ISPA adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sistem imun dapat bekerja maksimal untuk mengahalau berbagai jenis penyakit.  

Selain itu, perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin, terutama vitamin C, untuk menambah kekebalan tubuh.

6. Berolahraga secara teratur

Tak hanya mengonsumsi makanan bernutrisi, olahraga juga dapat membantu tubuh agar tetap kuat dalam menangkal berbagai serangan penyakit, termasuk ISPA.

Tidak dapat berolahraga di luar karena kabut asap yang pekat? Lakukan olahraga ringan di dalam ruangan seperti mengayuh trainer/roll, lari di tempat atau yoga setidaknya dua kali seminggu atau sebanyak yang Anda mampu.

Bila mencegah lebih baik daripada mengobati, mengapa Anda masih bermalas-malasan untuk melakukan enam langkah mudah di atas?


Responses
Write a responses...
Redeem Cart