Food & Recipes

All about Food & Recipes


Yuk Ajak Anak Banyak Minum, Begini Cara Menyenangkan Tetap Terhidrasi di Musim Kemarau

Selain air putih, mengonsumsi buah – buahan berkadar air tinggi, es loli, jus atau sayur berkuah juga bisa menjadi alternatif.

10 July 2019 9:53

Di musim kemarau, udara terik dan cuaca panas membuat anak-anak mudah dehidrasi. Maka itu, sangat penting untuk meminta anak – anak Anda minum lebih banyak air. Selain air putih, mengonsumsi buah – buahan berkadar air tinggi, es loli, jus atau sayur berkuah juga bisa menjadi alternatif.

Apabila anak terlihat lemas, demam atau mudah tersinggung, hal ini bisa menjadi pertanda ia mengalami dehidrasi. Pada titik ini, Anda harus memberi anak lebih banyak air minum agar tetap fit dan bugar.

Sayangnya, anak-anak sering mengabaikan apakah tubuh mereka haus atau tidak. Kuncinya, ingatkan anak – anak untuk minum beberapa kali dalam satu jam, setiap hari di musim kemarau. Anak usia 1 – 4 tahun, butuh sekitar 4 – 6 gelas setiap hari. Perhatikan juga gejala ringan dehidrasi seperti bibir pecah – pecah, lemas, urin keruh, dan sebagainya. Agar anak – anak suka minum lebih banyak air, yuk coba tips – tips jitu berikut tanpa harus memaksa anak.

1. Menambahkan rasa

Buah segar akan memberikan sedikit rasa manis alami pada air putih biasa. Coba potong semangka menjadi kotak – kotak kecil, letakkan di atas loyang. Lalu, taruh di lemari es hingga beku. Buah beku akan tetap terjaga nutrisi dan menambahkan rasa yang manis pada air putih si kecil.

Masukkan beberapa potongan buah beku ini ke dalam gelas air anak. Agar lebih menarik, Mama juga bisa memotong buah semangka dalam bentuk lain yang lucu. Seperti bentuk bintang, ikan, bulat, dan lain – lain.

2. Meningkatkan asupan air

Ketimbang hanya menyuruh anak untuk minum segelas air, kenapa Mama tidak mengajak anak minum dengan cara menyenangkan dan kreatif? Anak – anak suka permainan, jadi biarkan anak mendapatkan stiker bintang setiap kali mereka mau menghabiskan segelas air minum sebagai hadiah.

Atau buat anak merasa lebih senang dan bangga setelah minum air, dengan membuat bagan prestasi tertentu jika mereka berhasil menghabiskan sebotol air minum.

3. Minum lebih banyak susu

Untuk memuaskan dahaga anak, kebanyakan orangtua memilih air putih ketimbang memberikan susu. Tetapi, menurut penelitian terbaru menemukan bahwa susu lebih baik daripada minuman berenergi atau air putih biasa. Para ahli di Universitas McMaster, Canadam menyebutkan bahwa susu dapat menggantikan natrium yang hilang akibat berkeringat.

Sehingga susu dapat membantu tubuh mempertahankan cairan dengan lebih baik. Di samping itu, dapat menyediakan protein yang dibutuhkan anak – anak untuk perkembangan dan pertumbuhan otot yang tidak bisa dijumpai dalam minuman lain.

4. Menambah asupan sayuran

Saat memasak menu makan siang atau memberikan bekal ke sekolah, jangan lewatkan kombinasi bahan sayuran. Lebih baik sayuran segar seperti selada air yang segar dan dimasukkan dalam sandwich, ketimbang tumis sayur.

Pada hari yang panas di musim kemarau, sebagian anak mungkin masih senang makan sayur bayam atau sayur bening yang segar. Tetapi, anak yang pemilih, Mama harus lebih kreatif. Sajikan batang seledri dengan cocolan selai kacang almond dan kismis. Alternatif sayuran segar dengan kadar 90% air, di antaranya: paprika, brokoli, seledri, dan mentimun.

5. Membuat es ala rumahan

Es loli yang segar, tentunya tidak hanya disukai anak – anak, tetapi semua anggota keluarga di rumah. Tidak ada salahnya, membuat es loli bikinan sendiri sebagai makanan penutup. Misalnya, es kacang hijau, es kacang merah, es pisang hijau, es kelapa muda atau es loli dari jus buah favorit anak.

Karena dibuat sendiri, Mama bisa menakar sendiri berapa banyak gula yang diinginkan. Tentunya, jauh lebih sehat membuat makanan sendiri ketimbang harus membeli.

Jaga anak agar tetap terhidrasi selama musim kemarau, ternyata tidak sulit, kan? Silakan langsung dicoba tipsnya.

 


Responses
Write a responses...
Shopping Cart