Babies & Toddler

All about Babies & Toddler


Serba – Serbi Bayi Mulai Tumbuh Gigi Susu dan Cara Menanganinya

Saat bayi tumbuh gigi, ada yang memproduksi air liur berlebihan, menangis dan rewel.

15 June 2019 17:00

Umumnya bayi mulai tumbuh gigi susu atau gigi pertama pada usia sekitar 6 bulan. Tetapi, ada juga beberapa bayi yang muncul gigi susu paling cepat pada usia 3 bulan atau paling lambat 14 tahun. Faktor yang paling memengaruhi tumbuhnya gigi susu adalah faktor genetika dari ayah dan ibu serta apakah bayi lahir prematur atau tidak. Selanjutnya, bayi yang mengalami tumbuh gigi juga memiliki respon yang bervariasi. Ada yang memproduksi air liur berlebihan, menangis dan rewel, tetapi ada juga bayi yang tidak menunjukkan tanda – tanda sama sekali.

Periode Bayi Tumbuh Gigi

Biasanya, bayi mendapatkan gigi berpasangan. Pertama, dua gigi susu berada di bagian bawah. Baru sebulan kemudian, dua gigi lain muncul di bagian depan atas. Namun, tidak jarang bayi yang langsung tumbuh 4 gigi susu bawah tanpa gigi susu bagian atas, atau sebaliknya. Pada umumnya, periode bayi tumbuh gigi adalah:

  • 6 bulan: gigi seri bawah
  • 8 bulan: gigi seri tengah atas
  • 10 bulan: gigi seri bawah dan atas
  • 14 bulan: gigi geraham pertama
  • 18 bulan: gigi taring
  • 24 bulan: gigi geraham kedua

Berapa lama gigi susu tumbuh? Proses tumbuh gigi susu berlangsung sekitar dua tahun. Tetapi setelah beberapa gigi pertama muncul, prosesnya cenderung lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa nyeri pada bayi.

Tanda-tanda Tumbuh Gigi

Proses muncul gigi susu bisa terasa sakit dan membuat bayi rewel atau menangis. Mengingat proses dan respon bayi yang berbeda – beda, berikut adalah beberapa gejala yang perlu diperhatikan:

1.    Rasa Nyeri

Tekanan gigi yang muncul dari bawah gusi bisa menimbulkan rasa nyeri. Sehingga bayi ingin mengunyah atau menggigit sesuatu. Mama bisa memberikan mainan khusus atau teether yang empuk dan mudah dicuci.

2.    Gusi Bengkak

Sebelum gigi susu muncul ke permukaan gusi, area gusi bisa memerah, bengkak dan tampak memar. Terkadang, gusi tampak menonjol pada area gigi susu yang tumbuh. Berikan bayi teether yang sudah didinginkan sebentar di lemari es untuk mengurangi gusi bengkak dan nyeri.

3.    Air Liur Berlebihan

Peningkatan air liur bayi dapat menjadi pertanda munculnya gigi susu. Hal ini merupakan tahap perkembangan bayi yang normal. Mama bisa memberikan slabber atau serbet yang bisa dikalungkan pada leher bayi untuk mengelap air liur yang berlebihan.

4.    Rewel Dan Menangis, Terutama di Malam Hari

Ketika gigi mulai muncul dan bergerak di antara tulang dan gusi, cenderung muncul rasa sakit dan bertahap. Umumnya, lebih banyak terjadi di malam hari ketimbang siang hari. Sehingga bayi akan lebih mudah menangis dan marah.

5.    Menarik telinga

Rasa sakit tumbuh gigi yang terasa hingga ke rahang membuat bayi akan menarik – narik telinga. Berikan bayi pijatan lembut dengan minyak telon atau baby oil untuk memberikan kenyamanan.

Cara Menenangkan Bayi Tumbuh Gigi

Beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menenangkan bayi yang tumbuh gigi, antara lain: Memberikan kain lap basah Kain tebal yang dingin akan menetralisir nyeri gusi pada bayi. Teether yang sudah didinginkan dalam lemari es juga akan memberikan rasa nyaman pada gusi ketika bayi menggigitnya. Pijat gusi Jika gusi yang bengkak atau terasa sakit berada di bagian dalam, Mama bisa menggosok secara perlahan. Tentunya jari Mama harus bersih ya.. dan bila perlu dibungkus kain kasa yang steril. Pereda Nyeri Acetaminophen dan ibuprofen adalah obat ampuh untuk menghilangkan rasa sakit sementara. Tetapi, pastikan mendapatkan dosis yang disarankan oleh dokter anak. Catat baik - baik tips di atas untuk menenangkan bayi yang baru tumbuh gigi, Ma.


Responses
Write a responses...
Redeem Cart