Self & Wellness

All about Self & Wellness


Sederhana, Begini Cara Menjalani Gaya Hidup yang Ramah Lingkungan

cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalani gaya hidup sehat

28 September 2019 8:00

Sebagian orang mungkin enggan untuk beralih ke gaya hidup organik karena merasa sulit mencari bahan makanan organik dan harganya juga relatif lebih tinggi. Namun, kebutuhan hidup sehat tidak bisa ditunda lagi karena semakin banyaknya penggunaan bahan kimia berbahaya dalam kehidupan sehari-hari ditambah dengan kondisi lingkungan yang kian memburuk.

Sebenarnya gaya hidup organik bukan hanya soal makanan, tapi mencakup juga segala hal yang berkaitan dengan cara hidup yang ramah lingkungan dan menyehatkan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalani gaya hidup organik yang bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan Anda tapi juga menjaga keselamatan alam.

1. Beralih ke produk organik

Menggunakan produk rumah tangga organik dapat mengurangi tingkat paparan bahan kimia berbahaya pada tubuh dan aman bagi anak-anak. Daripada menggunakan handuk dari bahan sintetis atau kertas toilet yang mengandung klorin yang keduanya rawan menimbulkan alergi, Anda bisa beralih menggunakan handuk dari serat kain alami dan toilet kertas yang terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang. Anda juga bisa memilih produk pembersih organik yang bebas dari bahan kimia berbahaya yang tidak akan mencemari tanah saat proses pembuangan.

Mulailah mengganti segala keperluan rumah tangga Anda dengan produk organik yang aman dan alami.

2. Mencoba berkebun sendiri

Label organik saja tidak menjamin makanan yang Anda beli aman untuk dikonsumsi karena banyaknya produk organik palsu yang beredar di pasaran. Cara terbaik untuk menegtahui makanan Anda benar-benar terbebas dari pestisida adalah dengan menanam sendiri sayuran atau buah-buahan yang Anda butuhkan.

Tak perlu lahan luas, Anda bisa menciptakan kebun organik di rumah dengan memanfaatkan pot atau paralon sebagai tempat menanam. Bahkan Anda juga bisa membuat kompos sendiri untuk meningkatkan hasil panen kebun Anda. Ya, dari pada sisa nasi, sayur atau kulit buah terbuang percuma Anda bisa memanfaatkannya untuk pupuk alami sehingga mengurangi penggunaan zat kimia pada lingkungan. 

3. Menyiapkan tas belanja sendiri

Efek pemanasan global yang terus meningkat bila tidak ada upaya untuk menguranginya akan menimbulkan akibat yang fatal bagi bumi dan manusia yang tinggal di dalamnya. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan bumi adalah dengan membatasi penggunaan plastik. Mulailah dengan membawa kantong atau tas sendiri saat Anda berbelanja dan pilih tas belanja yang bisa didaur ulang. Saat ini banyak dijual tas belanja ramah lingkungan dengan model-model unik sehingga Anda tetap tampil gaya tanpa merusak lingkungan.

4. Membeli produk lokal

Selain memperkuat ekonomi lokal, membeli produk lokal juga memberikan manfaat positif untuk lingkungan karena mampu mengurangi lalu lintas dan polusi udara dalam proses distribusi barang. 

5. Memilah sampah organik dan anorganik

Memulai gaya hidup sehat dapat Anda lakukan dengan membiasakan diri membuang sampah sesuai jenisnya. Memilah sampah penting karena beberapa sampah khususnya dari bahan anorganik bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bernilai guna. Tercampurnya bahan sampah anorganik dengan sampah organik yang bisa membusuk akan mengurangi nilai dan kualitas barang daur ulang.

Anda bisa memulai kebiasaan memilah sampah dari rumah, kemudian mengajarkan pada anak-anak untuk menerapkannya di sekolah dan menularkan kebiasaan baik ini kepada rekan-rekan di kantor. 

Memulai kebiasaan baru memang tidak mudah. Tetapi dengan perubahan kecil yang Anda lakukan Anda dapat memulai gaya hidup organik yang tidak hanya sehat tapi juga ramah lingkungan.


Responses
Write a responses...
Redeem Cart