Home & Living

All about Home & Living


Obati ISPA Secara Alami, Tanaman Ini Mesti Ada di Taman Rumah Anda

tanaman yang dapat Anda gunakan untuk mengobati penyakit ISPA secara alami

19 September 2019 8:00

Tidak hanya gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seperti yang marak terjadi di Pekanbaru dan Pontianak belakangan ini juga rawan menimbulkan gejala ISPA.

Infeksi yang terjadi di saluran pernafasan ini biasanya menimbulkan gejala batuk, pilek dan disertai dengan demam, dan menimbulkan peradangan pada saluran pernapasan, yang dimulai dari hidung hingga paru-paru. ISPA sangat mudah menular.

Percikan air liur yang mengandung bakteri atau virus ISPA dapat dengan mudah menyebar melalui udara atau menyebar melalaui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi dan berjabat tangan dengan penderita.

Meski ISPA dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus dan antibiotik, terutama ISPA yang disebabkan oleh virus. Namun, tidak ada salahnya bila Anda tetap waspada dan mengetahui kapan saat yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda juga dapat melakukan pengobatan ISPA dengan cara-cara yang alami.

Berikut beberapa tanaman yang dapat Anda gunakan untuk mengobati penyakit ISPA secara alami.

1. Bunga krisan

Manfaat bunga krisan untuk kesehatan sudah dikenal luas. Mulai melindungi jantung, meningkatkan penglihatan, menenangkan saraf, memperkuat tulang, mengurangi peradangan, menambah sistem kekebalan tubuh hingga mengobati masalah pernafasan. Oleh karena itulah, tidak salah bila bunga krisan termasuk salah satu tanaman yang dapat mengobati ISPA secara alami.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Yaitu, keringkan bunga krisan kemudian tambah dengan daun meniran, daun mint, dan kulit jeruk dengan perbandingan yang sama. Rebus semua bahan hingga mendidih lalu saring dan tambahkan madu serta perasan jeruk lemon. Anda dapat meminum ramuan bunga krisan secara teratur dua kali sehari.

2. Bandotan

Tak hanya krisan, bandotan juga ampuh untuk mengobati ISPA. Tanaman ini banyak dijumpai di pinggir jalan dan termasuk obat alternatif alami yang sering digunakan oleh masyarakat. Bandotan banyak mengandung zat berkhasiat, seperti alkoloid, kumarin, asam amino, dan lainnya.

Bila tertarik menggunakan bandotan untuk mengobati ISPA, berikut cara mudahnya. Pertama, ambil satu genggam daun bandotan dan cuci hingga bersih kemudian rebus bersama pacut kuda dalam tiga gelas air. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan dua gelas air saja. Saring dan minum delapan kali dalam sehari secara teratur.

3. Kencur

Termasuk tanaman obat tradisional, kencur juga dapat Anda manfaatkan untuk mengobati ISPA secara alami. Kandungan zat dalam kencur termasuk

asammetal kanil, alkolid, kamphane, zat besi, borneol, paraeumarin, dan mineral. Sementara itu, kencur juga mengandung asam anisat, pentadekaa, sinoel, minyak atsiri, dan alkoloid yang berguna untuk stimulan. Rasa hangat yang ditimbulkan setelah mengonsumsi kencur dipercaya dapat melegakan pernafasan.

Untuk mengobati penyakit ISPA, cuci kencur dengan bersih kemudian parut halus dan peras sarinya. Tambahkan telur ayam kampung, madu serta air dalam sari kencur kemudian aduk rata. Ramuan ini dapat diminum dua kali sehari.

4. Daun bayam duri

Selain mengobati keputihan, TBC, disentri, dan penyakit lainnya, daun bayam duri juga sering dimanfaatkan untuk mengobati ISPA. Tanaman inilah yang banyak berperan untuk menurunkan demam yang ditimbulkan oleh serangan ISPA.

Cara menggunakan bayam duri untuk obat ISPA adalah dengan menyiapkan segenggam daun bayam duri yang masih segar kemudian cuci hingga bersih dengan air mengalir. Tumbuk atau giling daun bayam duri hingga halus kemudian tambahkan sedikit air. Gunakan ramuan tersebut untuk kompres di dahi.

Yuk Mom, buat taman di rumah lebih bermanfaat dengan menanam berbagai tanaman obat. Bila sewaktu-waktu membutuhkan Anda tidak perlu lagi bingung mencarinya.


Responses
Write a responses...
Redeem Cart