Family & Relationship

All about Family & Relationship


Jutek Tapi Sayang, Simak Tips Jitu Agar Disayang Mama-Papa Mertua

Anda hanya butuh waktu untuk bisa memenangkan hati ibu dan ayah mertua

11 July 2019 10:07

Pernikahan tidak hanya menyatukan dua insan, tetapi juga dua keluarga besar. Meski sebagian wanita merasa sangat beruntung mendapatkan mertua yang baik, namun tak sedikit pula menantu yang merasa butuh bantuan agar bisa hidup rukun dengan mertua atau keluarga suaminya (ipar).

Sebagai bagian dari keluarga suami, seharusnya hal ini tidak sulit dilakukan. Mama hanya butuh waktu untuk bisa memenangkan hati ibu dan ayah mertua. Jadi, baca terus untuk mendapatkan tips bermanfaat agar bisa disayang mertua berikut ya.

1. Tunjukkan Minat

Salah satu cara yang bagus untuk merebut hati mertua Anda adalah dengan menunjukkan minat pada hobi atau apa yang mereka suka. Tanyakan ayah mertua tentang hobi memancingnya atau travelling. Atau tanyakan pada ibu mertua tentang hal – hal menarik yang disukainya.

Hal ini akan membantu memecah kebekuan dan anggap saja mertua Anda selayaknya orangtua kandung sendiri.

2. Memberikan Bantuan

Ketika ibu mertua berada di dapur, jangan sungkan untuk memberikan bantuan. Memberi bantuan berupa tenaga adalah tindakan yang akan sangat mereka hargai dan akan mereka ingat selamanya.

Tapi, pastikan juga apakah mertua Anda bersedia dibantu. Jika mereka berkata tidak, Anda tidak perlu memaksa.

3. Minta bantuan mertua

Sesekali libatkan mertua untuk menjaga bayi Anda. Misalnya, ketika Anda sedang ada aktivitas di luar rumah dan butuh seseorang untuk menitipkan si kecil. Mertua akan senang dan merasa diikutsertakan atau dilibatkan, terutama mengenai cucu kesayangan mereka.

Cara lain, sesekali telepon mereka hanya untuk bertanya tentang resep kue atau masakan. Hal ini benar – benar membuat mereka merasa dihargai dan diperhatikan oleh sang menantu.

4. Lakukan Sesuatu Bersama

Jika ayah mertua Anda senang pergi memancing, katakan bahwa Anda akan senang jika bisa pergi bersama suatu saat nanti. Jadwalkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama mertua dan menjadikannya hari yang istimewa.

Anda juga bisa mengajak ibu mertua berbelanja atau makan siang bareng. Tunjukkan pada mertua Anda bahwa Anda juga ingin menjadi bagian dalam hidup mereka dan tidak ingin menjauhkan suami dari mereka.

5. Jangan berselisih tentang pola pengasuhan anak

Anda mungkin tidak menyetujui semua yang dikatakan mertua Anda, terutama dalam pola pengasuhan si kecil. Namun, tak perlu bertengkar, apalagi berseteru. Katakan saja bahwa Anda sangat berterima kasih dan akan mempertimbangkannya.

Jika Mama mungkin tidak setuju dengan gaya parenting mertua, hal ini seharusnya dapat dibicarakan tetapi secara pribadi dengan suami Anda.

7. Cinta Membutuhkan Waktu

Membangun hubungan dengan mertua, mungkin tidak akan terjadi dalam semalam. Jadi, tidak perlu memaksakan kondisi. Jangan bersedih bila ibu mertua enggan bersama Anda dan tetaplah berpikir positif.

Bersikaplah lembut dan berikan mereka waktu. Jika hubungan antara menantu dan mertua ini terasa sulit, Anda bisa membicarakannya dengan pasangan.

Sekeras apapun sikap mertua dan ipar, jika Anda tetap bersikap ramah, hangat dan baik, maka Anda akan melihat perubahan suatu hari nanti. Cinta itu membutuhkan waktu untuk tumbuh dan berkembang.  


Responses
Write a responses...
Shopping Cart