Getting Pregnant

All about Getting Pregnant


Ingin Punya Momongan? Lakukan 6 Cara Ini untuk Meningkatkan Kesuburan Anda

mencoba untuk hamil, maka tak ada salahnya bila Anda melakukan beberapa cara sederhana ini

23 September 2019 8:00

Banyak orang meremehkan kesuburan karena anggapan yang keliru tentang seks sebagai penentu utama kehamilan. Padahal stres sekecil apa pun mampu merusak tubuh hingga keinginan untuk memiliki momongan pun harus tertunda.

Jika mencoba untuk hamil, maka tak ada salahnya bila Anda melakukan beberapa cara sederhana ini untuk membantu melindungi kesuburan Anda. Apa sajakah itu?

1. Makan dengan baik

Tahukah Anda bila tubuh yang tercukupi kebutuhan nutrisinya dengan baik akan meningkatkan peluang untuk hamil? Oleh karena itu, pastikan Anda menerima cukup protein, zink, zat besi, Vitamin C dan Vitamin D sebab kekurangan nutrisi tersebut sering dikaitkan dengan siklus menstruasi yang diperpanjang (sehingga ovulasi lebih jarang) dan risiko keguguran dini yang lebih tinggi. Tambahkan juga beberapa makanan yang kaya protein, seperti ikan, telur, susu rendah lemak, daging dan kacang-kacangan.

2. Pikirkan apa yang akan Anda minum

Banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi alkohol dengan penurunkan kemampuan untuk hamil bahkan dapat membahayakan janin yang sedang berkembang. Hal ini karena alkohol mampu mengubah estrogen sehingga dapat mengganggu implantasi telur. Selain alkohol, Anda juga harus mengurangi kafein saat ingin hamil dan selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat mempengaruhi kemungkinan untuk segera hamil. Batasi konsumsi kafein Anda hingga 200 mg atau sekitar 1-2 cangkir per hari. 

3. Perhatikan berat badan Anda

Tak hanya berisiko pada kesehatan, kelebihan lemak tubuh juga dapat menyebabkan produksi berlebihan pada hormon-hormon tertentu yang mengganggu ovulasi. Siklus haid Anda akan menjadi tidak teratur, ovulasi lebih jarang dan pada akhirnya menurunkan peluang untuk hamil. Sementara itu, lemak tubuh yang terlalu sedikit mungkin tidak menghasilkan cukup hormon untuk berovulasi setiap bulan atau untuk mempertahankan kehamilan jika Anda hamil. Untuk itulah sangat penting untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

4. Hindari pestisida

Banyak bahan kimia yang digunakan untuk mengusir gulma dan serangga pada tanaman dapat menurunkan kesuburan pria dan mempengaruhi kesuburan wanita dengan cara menghambat fungsi ovarium dan mengganggu siklus menstruasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Human Reproduction edisi Maret 2015 menunjukkan bagaimana makan buah-buahan dan sayuran yang mengandung pestisida dapat mempengaruhi sperma. Bila ingin hamil, sebaiknya beralih ke buah dan sayuran organik, mencuci buah dan sayuran dengan air mengalir hingga bersih dan menghindari menggunakan pestisida di rumah.

5. Kenali siklus Anda

Siklus menstruasi yang normal berlangsung 21-35 hari, dimulai dengan menghitung pada hari pertama. Jika siklus Anda lebih lama, misalnya 42 hari, maka frekuensi ovulasi juga berkurang sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan ahli medis. Bila bersiap untuk hamil, temukan celah Anda dan lakukan hubungan intim secara teratur pada waktu-waktu tersebut. Masa subur wanita biasanya pada saat ovulasi atau 4-5 hari sebelumnya. Untuk mengetahui waktu ovulasi, Anda dapat menggunakan tes ovulasi atau mencatat perubahan harian pada suhu tubuh.  

6. Berhati-hatilah dengan pelicin

Beberapa pelumas seksual justru membuat sperma sulit mencapai tujuannya untuk membuahi sel telur. Tetapi Anda juga perlu waspada dengan pelumas alami, seperti air liur dan minyak zaitun. Bila memang membutuhkan bantuan pelicin, gunakan kanola, kacang tanah, sayuran, baby oil atau minyak mineral yang lebih aman. Atau cari pelumas yang dijual bebas yang dirancang untuk ramah sperma.

Selain melakukan cara-cara di atas, jangan lupa untuk lebih aktif melakukan hubungan intim dan berdoa tanpa kenal lelah. Semoga tangisan bayi segera meramaikan rumah Anda.


Responses
Write a responses...
Redeem Cart