Babies & Toddler

All about Babies & Toddler


Hentikan Dot atau Sippy Cup, Inilah Cara Mengajarkan Anak Balita Minum dari Gelas

Jika dibiarkan terlalu lama menggunakan dot atau empeng, hal ini bisa mempengaruhi struktur estetis gigi dan cara berbicara anak

16 June 2019 17:00

Bukan hal yang aneh apabila anak usia balita masih suka minum dari dot. Akan tetapi, jika dibiarkan terlalu lama menggunakan dot atau empeng, hal ini bisa mempengaruhi struktur estetis gigi dan cara berbicara anak dalam tumbuh – kembangnya. Banyak orangtua yang merasa khawatir karena sulit melepaskan anak dari kebiasaan minum dot dan beralih ke gelas untuk minum susu. Jangan khawatir, semakin cepat memperkenalkan dan mengajarkan anak batita minum dari gelas, maka akan membuat mudah pekerjaan menyapih dot. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui orangtua untuk melatih si Kecil minum dari gelas:

1. Segera mulai sejak dini

[caption id="attachment_2413" align="aligncenter" width="1000"] Illustrasi: Balita minum dari sippy cup | Image by Barry Taylor from Pixabay[/caption] Bayi biasanya mulai mengonsumsi makanan padat pada saat usia 6 bulan. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), orangtua sebaiknya mulai memperkenalkan anak batita dengan jenis gelas bertutup atau sippy cup untuk mengawali peralihan dari dot ke gelas. Sippy cup merupakan cangkir dengan tutup yang terdapat lubang untuk menyedot air minum dan dilengkapi handle atau pegangan. Sippy cup bisa membiasakan anak minum susu selain botol atau payudara ibu. Selanjutnya, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk  anak usia 1– 2 tahun seharusnya bisa diajarkan minum dari gelas dan tidak diperbolehkan minum dari dot lagi.

2. Menggunakan sippy cup

Setelah anak belajar memakai sippy cup, orangtua harus mengajarkan anak bahwa sippy cup adalah peralatan untuk minum susu saja. Anak tidak boleh dibiarkan mengempeng sippy cup yang kosong sepanjang hari. Selain itu, terlalu sering menggunakan sippy cup yang diisi dengan susu, jus atau minuman manis bisa memicu kerusakan gigi.

3. Menggunakan sedotan

Disarankan agar anak bisa beralih dari sippy cup ke gelas sesegera mungkin. Bila masih sulit, orangtua bisa menempatkan sedotan untuk memudahkan anak minum susu atau minum jusnya. Terlalu sering menggunakan sippy cup dapat menyebabkan kesulitan berbicara dan kerusakan gigi. Selain itu, menghisap sippy cup terlalu lama dapat mengubah posisi lidah dan gigi sehingga berpotensi menyebabkan masalah pengucapan atau artikulasi. Dilansir dari situs Web MD, sippy cup hanya boleh dipakai selama sekitar 1 bulan. Setelah itu, anak harus segera beralih minum memakai gelas dengan sedotan atau gelas saja.

4. Motivasi anak agar minum dari gelas

 

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar mengajari anak-anak untuk mulai minum dari gelas biasa antara umur 12 - 15 bulan. Bila tidak segera dibiasakan minum dari gelas, anak bisa berisiko mengalami masalah OMD atau Oral Myofunctional Disorder. Gejala OMD antara lain: kebiasaan menghisap jempol, bibir dan lidah, gigi tongos, bibir selalu terbuka meski kondisi diam, dan sebagainya. Hal ini dipicu karena kebiasaan menghisap sippy cup yang dipertahankan terlalu lama.

5. Siap minum dari gelas saat Usia 2 - 3 tahun

[caption id="attachment_2407" align="aligncenter" width="1000"] Illustrasi: Balita belajar minum dari gelas | Deposit Photos: CroMary[/caption] Pada dasarnya, menurut perkembangan normal anak – anak, mereka sudah siap minum dari gelas pada usia 2 – 3 tahun. Anak mungkin akan menangis saat awal – awal harus berpisah dengan sippy cup kesayangannya, tetapi hal ini hanya sebentar. Gunakan gelas dan sedotan untuk memudahkan transisi ini. Itulah beberapa tips untuk memudahkan si Kecil beralih dari dot atau sippy cup hingga mampu minum dari gelas biasa. Ini merupakan bagian penting yang tak bisa diabaikan dari tumbuh – kembang buah hati. Apakah Mama memiliki cara efektif untuk melatih anak minum dari gelas setelah terbiasa minum dari dot atau sippy cup? Yuk, berbagi di kolom komentar.


Responses
Write a responses...
Redeem Cart