Pregnancy & Birth

All about Pregnancy & Birth


Daftar Benda yang Perlu Disiapkan Mama untuk Melahirkan Alami

untuk merasakan kelahiran alami Anda terkadang membutuhkan sedikit bantuan

24 September 2019 11:05

Ketika seorang wanita mengetahui bahwa dia hamil maka akan ada banyak hal untuk dipelajari dan dipertimbangkan. Termasuk di dalamnya adalah merasakan pengalaman kelahiran terbaik. Berbagai informasi tentang kelahiran pun dikumpulkan untuk mendapatkan pengetahuan yang mumpuni dan memikirkan rencana terbaik untuk menyambutnya.

Namun, wanita juga menyadari bahwa rencana kelahiran yang telah disusun dengan baik mungkin saja melenceng sehingga dia memenuhi otaknya dengan lebih banyak informasi dan mencari orang-orang yang tepat untuk mendukungnya, termasuk tenaga ahli.

Ya, untuk merasakan kelahiran alami Anda terkadang membutuhkan sedikit bantuan. Bila Anda pikir panduan ini bermanfaat dan menjadi bagian dari rencana kelahiran yang baik maka tidak ada salahnya bila Anda mempersiapkannya sedari awal agar tidak stres dikemudian hari.

Berikut 8 hal yang perlu dipersiapkan untuk melahirkan secara alami. Perhatikan baik-baik ya, Mom.

1. Bantal

shopcourtyard

 

Mungkin terkesan barang sepele. Namun, tidak ada yang lebih nyaman selain bantal sendiri yang dibawa dari rumah bila ingin melahirkan di klinik atau rumah sakit. Gunakan sarung bantal berwarna gelap untuk membedakan milik Anda dengan bantal rumah sakit. Bila terjadi krisis bantal di rumah sakit, Anda selamat karena punya cadangan.

2. Air Kelapa

bbcgoodfood

 

Dehidrasi adalah masalah utama yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk itulah, Anda perlu meminum banyak air putih dan bila perlu tambahkan air kelapa. Sediakan banyak sedotan fleksibel untuk memudahkan Anda minum terutama selama pesalinan bila tidak ingin dipasang selang infus.

3.Teh daun raspberry merah

Dapat diminum hangat atau dingin, teh daun raspberry merah tak hanya memiliki rasa yang nikmat tapi juga menyimpan manfaat luar biasa untuk kesehatan rahim. Anda bisa mencampur teh ini dengan madu dan garam laut sehingga menjadi minuman elektrolit yang ampuh selama persalinan.

4. Bola bersalin

Banyak wanita menyukai bola bersalin sehingga mereka membawanya ke rumah sakit saat persalinan. Bola bersalin dapat digunakan dengan berbagai cara selama persalinan dan memberikan alternatif yang bagus untuk berbaring di tempat tidur. Dengan tetap aktif terkadang dapat membantu proses persalinan. Pastikan rumah sakit Anda tidak menarik biaya tambahan untuk bola yang Anda bawa untuk menghindari lonjakan anggaran.

5. Musik

Musik bagi sebagian ibu hamil berfungsi sebagai obat dan penting untuk meditasi ketika mengalami kontraksi. Tak hanya lagu berirama lembut, Anda boleh menambahkan beragam jenis irama musik yang Anda suka untuk memompa semangat. Bila perlu mintalah ijin kepada dokter untuk menggunakan headseat selama persalinan bila itu bisa membuat Anda tenang.

6. Minyak esensial

Beberapa wanita menyukai minyak lavender yang memiliki efek menenangkan selama masa kehamilan, sementara yang lain menyukai minyak peppermint atau lainnya yang mampu meningkatkan energi selama persalinan. Balurkan minyak esensial pada kaki ibu untuk mendapatkan manfaat yang dingingkan. Pastikan Anda tidak memiliki alergi sebelum menggunakan minyak esensial yang Anda sukai.

7. Kain untuk mengompres

Benda wajib lain yang perlu disiapkan saat melahirkan adalah waslap yang bisa digunakan untuk mengompres panas maupun dingin. Bila suka Anda dapat menambahkan minyak esensial saat pengompresan.

8. Kipas kecil

Anda perlu mengeluarkan banyak energi saat mengejan. Aliran udara segar meskipun hanya sedikit akan membuat Anda merasa nyaman. Untuk itulah, sediakan kipas angin kecil yang dioperasikan dengan baterai atau kipas tangan kertas untuk membuat Anda lebih nyaman saat melahirkan.

Sebagai tambahan, Anda bisa juga membawa berbagai buku atau novel yang belum sempat Anda baca dan juga film favorit untuk menambah inspirasi.

Selamat berjuang. Semoga proses persalinan alami yang Anda inginkan berjalan dengan lancar.


Responses
Write a responses...
Redeem Cart