Self & Wellness

All about Self & Wellness


Begadang Jaga Bayi? Ini 5 Tips untuk Ibu Pekerja agar Tetap Fit Seharian

menyiasati bagaimana agar Anda tetap fokus setelah malam yang melelahkan merawat bayi

21 September 2019 8:00

Ibu dengan bayi atau balita yang juga bekerja tentu sering mengalami malam-malam yang menegangkan. Anak-anak yang rewel karena sakit atau terbangun di tengah malam dan tidak bisa ditidurkan kembali seringkali membuat ibu kurang beristirahat sementara tugas kantor sudah menunggu keesokan harinya.

Sebagai ibu bekerja, membereskan berbagai hal memang sulit untuk dilakukan. Namun, tetap ada cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati bagaimana agar Anda tetap fokus di kantor setelah malam yang melelahkan bersama bayi Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba.

1. Luruskan prioritas Anda

Kelelahan karena kurang tidur pada malam sebelumnya mungkin membuat Anda sedikit gagal fokus pada esok harinya. Untuk itu, ambil beberapa menit tambahan di awal hari untuk memikirkan kembali apa yang hendak Anda lakukan di hari itu. Paling tidak tentukan lima hal teratas yang perlu Anda selesaikan dan tetap fokus pada hal tersebut sebelum melakukan pekerjaan selanjutnya. 

Anda hebat bila mampu menyelesaikan semua prioritas yang telah Anda tetapkan pada hari itu. Tapi bila gagal, anggap saja Anda telah salah dalam memilih prioritas dan masih bisa diperbaiki di kemudian hari.

2. Tidur sebentar

Bagi ibu yang bekerja di rumah atau memiliki jadwal kerja yang fleksibel dapat meluangkan waktu untuk tidur siang. Tidak perlu lama, Anda hanya butuh sekitar 20 menit untuk mengembalikan stamina, meningkatkan konsentrasi, dan membantu ingatan jangka panjang Anda.

Anda juga dapat mencoba pengalaman ajaib dari 'tidur kafein', yaitu dengan meminum secangkir kopi sebelum istirahat sebentar sehigga saat Anda bangun bertepatan dengan kafein yang menghantam sistem Anda.

Bila jadwal Anda kelewat padat di hari tersebut, pandai-pandailah memanfaatkan waktu untuk tidur sejenak, misalnya saat perjalanan ke tempat tugas atau menunggu pesanan makanan siang datang.

3. Biarkan diri Anda beristirahat

Beristirahatlah meski pekerjaan datang silih berganti dan seperti tidak akan ada habisnya. Istirahat akan membantu Anda kembali fokus, terutama saat kelelahan melanda.

Sebagai pengingat untuk beristirahat, Anda dapat menyiapkan botol minum di samping Anda dan meminum isinya setiap kali Anda berhasil menyelesaikan tugas.

Setiap 10 atau 15 menit sekali, lakukan peregangan, mengisi cairan tubuh dengan minum dan mereset sistem kerja tubuh Anda dengan bergerak ringan. Selain itu, pastikan setiap jam sekali Anda beranjak dari tempat kerja untuk berjalan-jalan, dan setiap empat atau lima jam sekali pergi ke luar ruangan untuk beristirahat.

4. Pergi keluar dan berjalan-jalan

Dengan olahraga ringan ini, Anda akan mendapatkan sinar matahari untuk membantu mengatur ritme alami tubuh. Selain itu, jalan-jalan juga dapat membantu memompa darah.

Menurut Ahli saraf dan spesialis tidur Clete Kushida, "Mendapatkan cahaya terang di pagi hari dapat menyinkronkan (alat pacu jantung sirkadian otak) dan memungkinkan otak untuk tetap lebih terjaga." 

Mengapa tidak Anda lakukan?

5. Berikan tubuh nutrisi yang tepat

Anda mungkin sering tergoda untuk ngemil sesuatu yang mengandung kadar gula tinggi pada saat lelah. Tetapi lebih baik lagi jika Anda mengisi bahan bakar dengan makanan yang berkualitas tinggi. Ketahuilah, Anda membutuhkan nutrisi yang baik untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan berat di hari itu. Sementara makanan tidak bergizi hanya akan membuat segala hal bertambah buruk dan sulit. 

Pilih camilan sehat seperti puding chia, telur rebus, kacang, pisang atau roti gandum untuk penambah energi agar Anda siap tempur di hari itu.

Segala jerih payah  yang Anda lakukan tidak ada yang sia-sia. Tetap semangat ya, Mom!


Responses
Write a responses...
Redeem Cart