Self & Wellness

All about Self & Wellness


Awas Perubahan Musim, Panduan Menjaga Kekebalan Tubuh untuk Ibu Bekerja

Tanpa imunitas tubuh yang kuat, ibu yang banyak beraktivitas akan gampang jatuh sakit atau kelelahan.

1 July 2019 17:16

Sistem kekebalan tubuh Anda selalu bekerja keras untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi penyakit. Tanpa imunitas tubuh yang kuat, ibu yang banyak beraktivitas akan gampang jatuh sakit atau kelelahan. Tapi, ibu tak perlu cemas! Ada beberapa cara untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang rumit di dalam tubuh Anda.

Terutama menjelang perubahan atau peralihan musim, dari musim kemarau ke musim hujan maupun sebaliknya. Sangat penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh demi menjaga kesehatan dan terbebas penyakit alergi musiman seperti influenza. Baca terus untuk mengetahui beberapa cara meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi ibu yang sibuk bekerja.

1. Konsumsi makanan sehat yang segar

Sistem kekebalan tubuh akan didukung oleh apa yang Anda konsumsi. Hindari makanan berminyak atau gorengan, makanan berlemak dan makanan yang tinggi gula.

Inilah saat terbaik mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah – buahan, kacang – kacangan, biji – bijian, dan sesekali bisa mengonsumsi daging atau produk susu yang sehat.

2. Tidur yang cukup

Meski terlihat sepele, menjaga pola tidur yang normal akan mendukung sistem kekebalan tubuh. Melihat begitu banyak pekerjaan baik di kantor atau di rumah, sepertinya waktu 24 jam bagi ibu bekerja terasa kurang. Tetapi, usahakan agar Anda memiliki jam tidur normal sebanyak 8 jam setiap malam. Prioritaskan tidur untuk Anda sendiri, terutama ketika sering bekerja larut atau begadang.

Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak ketimbang begadang. Bantu diri Anda tidur nyenyak dengan mematikan lampu kamar saat tidur. Beristirahat selama 8 jam setiap malam memberikan dukungan kesehatan dengan cara memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak dan menyembuhkan diri sendiri. Sehingga tidur menjadi bagian penting dalam mendukung kekebalan tubuh.

3. Mendapatkan sinar matahari

Sebagian besar orang tahu manfaat vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi, tidak sedikit yang malas bangun pagi atau keluar di antara jam 6 – 8 pagi. Alhasil banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin D dari sinar matahari pagi. Matahari sebenarnnya membantu mengatur dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Lagipula, semua itu gratis!

Patut diketahui bahwa ketika Anda pergi keluar rumah selama 20 menit di pagi hari dan berjemur atau mendapatkan sinar matahari sangat bermanfaat.

4. Bergerak untuk mengurangi stres

Berolahraga tidak hanya membantu memompa darah dan menurunkan tekanan darah, tetapi juga dapat mengurangi stres pada tubuh. Apalagi, ibu yang bekerja memiliki potensi stres yang cukup tinggi karena tekanan pekerjaan dan rumah tangga.

Ketimbang berolahraga di tempat fitness atau gym yang terkadang sangat sulit mengatur waktunya, lebih baik ambil waktu dalam bagian – bagian yang singkat dan mudah diatur. Misalnya, melakukan sesi latihan yoga selama 10 menit setiap pagi bangun tidur, atau menjelang tidur malam.

5. Cuci tangan dan menjaga kebersihan

Mencuci tangan secara teratur dan menjaga kebersihan makanan di dapur adalah bagian penting untuk tetap sehat. Tindakan ini dapat menghindari penyebaran kuman yang sering menyebabkan sakit perut, flu, serta batuk dan pilek.

Ajak anak – anak dan anggota keluarga Anda di rumah untuk mencuci tangan sesering mungkin, terutama sebelum makan.

6. Suplemen Peningkat Imunitas Tubuh

Bila perlu, Mama dapat mengonsumsi suplemen yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh selama pergantian musim atau cuaca yang tidak menentu. Suplemen ini biasanya terbuat dari berbagai jenis vitamin dan mineral yang memperkuat kekebalan tubuh dalam melawan infeksi bakteri atau kuman penyakit.

Ayo, jangan mau kalah dengan serbuan bakteri di kala perubahan musim! Siapkan diri dengan mencoba tips – tips di atas.


Responses
Write a responses...
Shopping Cart