Family & Relationship

All about Family & Relationship


Awas, 5 Hal Ini Jadi Penyebab Keretakan Dalam Rumah Tangga

bila dapat dikelola dengan baik, masalah justru akan menambah erat kekompakan sebagai pasangan suami – istri

30 September 2019 8:00

Setiap pernikahan tentunya pernah mengalami konflik atau masalah. Akan tetapi, bila dapat dikelola dengan baik, masalah justru akan menambah erat kekompakan sebagai pasangan suami – istri. Apakah pernikahan dapat bertahan atau tidak, tergantung bagaimana pasangan suami – istri dalam mengatasinya.

Bila pasangan mampu bekerja sama dalam menyelesaikan konflik, maka pernikahan akan selamat. Sebaliknya, tanpa keterampilan management conflict yang tepat, tak jarang pernikahan kandas di meja hijau. Berikut adalah 5 daftar penyebab keretakan dalam rumah tangga yang perlu dihindari dan segera dicari solusinya agar pernikahan tetap langgeng.

1. Masalah Finansial

Kebanyakan pasangan sering berdebat karena kondisi ekonomi yang kurang stabil. Entah itu harus membayar tagihan bulanan seperti iuran sekolah anak, listrik, air, telepon, dan sebagainya.

Diskusikan dengan pasangan bagaimana mengatasi masalah finansial. Karena, satu – satunya cara untuk menyelesaikan konflik adalah berkomunikasi.

2. Pengasuhan Anak

Sebagai orangtua, tentunya pendidikan dan pengasuhan anak menjadi prioritas utama. Disiplin, makanan dan masalah pengasuhan lainnya terkadang bisa menjadi sumber konflik di antara pasangan. Perbedaan pendapat tentang masalah bagaimana cara menerapkan pengasuhan terbaik untuk anak atau pendidikan anak bisa diselesaikan dengan kepala dingin.

Cobalah untuk berbagi tugas dan buatlah kesepakatan yang kompak antara Anda dan pasangan. Hal ini akan memudahkan anak dalam memahami peraturan dan disiplin ketika orangtua sama – sama kompak dalam pengasuhan.

3. Seks

Frekuensi, kualitas dan kuantitas seks bisa menjadi sumber stres, hingga ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Hal ini sudah umum terjadi dalam setiap pernikahan dan bisa dianggap sebagai hal yang wajar.

Meski begitu, tidak seharusnya pasangan berdebat bahkan hingga mencurangi pasangan dengan perselingkuhan. Selesaikan masalah privasi dengan pasangan di dalam kamar agar tidak sampai terlihat oleh anak – anak, terutama orang lain.

4. Kebiasaan Pasangan

Masalah lain yang kerap menimbulkan keretakan rumah tangga adalah adanya kebiasaan yang menjengkelkan dari pasangan. Misalnya, pasangan yang temperamental, sering marah tak jelas dan jengkel.

Setiap orang yang marah atau kesal tentu memiliki alasan, dan berkomunikasi yang baik bisa menjadi solusi ideal. Akan tetapi, apabila pasangan sering marah tanpa alasan, Anda patut mewaspadai adanya hubungan pernikahan beracun dan tidak sehat.

5. Konflik Personal

Adakah watak atau sifat Anda yang tidak disukai pasangan? Sebaliknya, adakah sifat pasangan yang tidak Anda sukai? Banyak konflik personal yang bisa menjadi penyebab keretakan rumah tangga.

Ditambah lagi, terkadang ada campur tangan dari keluarga besar, seperti mertua, ipar, saudara yang membumbui dan membuat suasana semakin keruh. Ubahlah sifat – sifat negatif dalam diri Anda secara perlahan agar menciptakan kehidupan rumah tangga yang lebih harmonis.

Beberapa masalah di atas memang sudah umum dihadapi dalam pernikahan. Meskipun demikian, setiap konflik yang bisa terselesaikan dengan baik akan mengiringi pernikahan agar terus tumbuh, belajar dan berkembang menjadi keluarga yang penuh cinta dan kompak.

 


Responses
Write a responses...
Redeem Cart