Getting Pregnant

All about Getting Pregnant


Apakah Mengonsumsi Kedelai Aman Selama Kehamilan?

Menurut para ahli kimia, di dalam kedelai mengandung isoflavon yang mirip seperti fitoestrogen atau bahan kimia yang meniru hormon estrogen di dalam tubuh.

7 July 2019 9:26

Kedelai dikenal sebagai sumber lemak nabati yang rendah kolesterol dan baik bagi kesehatan. Begitu banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makan kedelai dapat membantu mencegah penyakit, tetapi sebuah studi terbaru membantah temuan itu.

Menurut para ahli kimia, di dalam kedelai mengandung isoflavon yang mirip seperti fitoestrogen atau bahan kimia yang meniru hormon estrogen di dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi hal ini dapat membahayakan kesehatan. Bahkan, secara negatif dapat memengaruhi perkembangan bayi Anda dalam kehamilan.

Kelebihan dan Kekurangan Mengonsumsi Kedelai

Kacang kedelai adalah sumber protein rendah lemak yang baik. Banyak ibu hamil yang mengonsumsi kedelai untuk mendapatkan serat, asam lemak omega 3, folat, zat besi, kalsium, seng dan mineral.

Tetapi, ada juga info yang menyebutkan ibu hamil sebaiknya membatasi konsumsi kacang kedelai. Mengenai hal ini berikut fakta – fakta yang terungkap.

1.    Mengandung asam fitat

Kedelai mengandung asam fitat yang dapat menghalangi penyerapan logam berat seperti merkuri atau timbal. Tetapi, juga dapat menghambat penyerapan mineral tubuh yang penting. Seperti niasin, kalsium, magnesium, besi dan seng. Padahal, mineral tersebut sangat penting bagi perkembangan janin.

Air susu kedelai juga dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol. Sayangnya, ibu hamil membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon progesteron, estrogen, dan vitamin D.

2.    Memicu Beberapa Gangguan

Selain itu, Anda mungkin pernah mendengar jika mengonsumsi kedelai dapat memicu beberapa gangguan. Seperti siklus menstruasi tidak teratur, masalah kesuburan, serta meningkatkan cacat lahir urologis pada anak laki – laki.

Sejumlah penelitian pada hewan telah mengaitkan kedelai dengan hasil tersebut. Namun, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa kedelai juga dapat memicu efek yang sama terhadap manusia.

Membatasi Konsumsi dan Moderasi

Menurut Jonny Bowden, Ph.D., C.N, penulis buku 100 Makanan Sehat Selama Kehamilan, wanita hamil sebaiknya hanya mengonsumsi produk kedelai fermentasi seperti tempe dan miso. Sedangkan, porsi yang disarankan adalah setengah cangkir atau satu cangkir susu kedelai setiap hari.

Produk kedelai fermentasi dapat membantu menetralkan asam fitat dalam kedelai dan membuat nutrisi lebih mudah diserap tubuh.

Apa pun bentuk kedelai yang dipilih, makanlah makanan utuh, bukan camilan olahan. Banyak makanan kedelai yang dipasarkan sebagai makanan sehat. Tetapi, sebenarnya hanya snack atau fast food.


Responses
Write a responses...
Shopping Cart