Food & Recipes

All about Food & Recipes


5 Tips Mengonsumsi Makanan Organik dengan Budget Terbatas

Dengan perencanaan dan strategi yang cermat, Anda akan memperoleh asupan terbaik untuk tubuh

6 September 2019 8:27

Gaya hidup organik dianggap lebih sehat. Namun, bila Anda merasa ragu untuk segera menerapkannya karena alasan biaya yang tinggi maka Anda perlu untuk merenungkan kembali keputusan Anda.

Ya, dengan perencanaan dan strategi yang cermat, Anda akan memperoleh asupan terbaik untuk tubuh Anda tanpa harus mengganggu stabilitas keuangan Anda.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut lima cara agar Anda bisa mengonsumsi bahan makanan organik tanpa khawatir merusak anggaran.

1. Bergabung dengan komunitas organik lokal  

Nature's Path

 

Alokasikan budget terbesar Anda untuk membeli biji-bijian dan kacang-kacangan organik untuk menghemat anggaran. Bila memungkinkan, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas petani organik lokal yang biasanya sering membagikan sampel hasil panen mereka secara gratis atau menjual produk mereka dengan harga lebih miring.

Tidak hanya menghemat uang, keuntungan yang Anda dapatkan dengan menjadi anggota komunitas adalah mendapatkan bahan makanan organik yang mungkin selama ini hanya Anda lihat di online tanpa pernah membayangkan untuk bisa mendapatkannya. Bergaul dengan orang-orang yang satu pemahaman akan memberikan Anda kesempatan untuk sharing pengalaman sehingga membuat Anda lebih semangat untuk terus hidup sehat dan belajar lebih banyak lagi tentang gaya hidup organik. 

2. Memilih makanan organik beku

gearpatrol

 

Bahan makanan beku dapat menjadi alternatif menarik untuk menghemat uang Anda karena biasanya banyak memberikan diskon khusus. Keuntungan lainnya, sayuran dan buah-buahan beku biasanya diproses pada masa puncak kesegaran sehingga gizi dan manfaatnya untuk kesehatan tetap terjaga. Manfaat lainnya, Anda bisa mendapatkan buah-buahan dan sayuran di luar musim. Menarik bukan?

3. Pelajari Dirty Dozen dan Clean 15

mayedatotalwellness

 

Environmental Working Group mengeluarkan daftar tentang buah-buahan dan sayuran yang mengandung pestisida terbanyak yang dikenal dengan sebutan Dirty Dozen, dan buah-buahan dan sayuran dengan pestisida paling sedikit yang disebut dengan Clean 15.

Bila Anda tidak memiliki anggaran cukup untuk membeli bahan makanan organik, Anda bisa memulai dengan menghindari Dirty Dozen dan belanja produk Clean 15 sebanyak mungkin. Jadi, organic lifestyle bisa Anda mulai dengan meminimalisir paparan pestisida pada tubuh Anda.

4. Menu bebas daging pada hari tertentu

rd.com

 

Bila membeli bahan organik paling murah masih belum terjangkau bagi Anda maka Anda perlu menjadwal ulang menu makanan Anda agar kesehatan Anda tetap terjaga. Caranya dengan mengurangi asupan daging dan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang segar dan alami. Pilih satu hari khusus dalam setiap minggu dimana Anda hanya mengonsumsi makanan sehat berupa buah-buahan dan sayuran alami saja. Tidak hanya menghemat anggaran belanja mingguan Anda, langkah cerdik ini otomatis memberikan dampak positif bagi kesehatan Anda.

Saat harus mengkonsumsi daging maka wajib bagi Anda untuk mencari daging dari hewan yang hanya diberikan makan rumput dan bila memungkinkan terbebas dari suntikan hormon. 

5. Menanam sendiri

aarp.net

Ide ini mungkin terdengar tidak masuk akal tapi masih mungkin dilakukan bahkan bagi Anda yang tinggal di apartemen kecil tanpa halaman. Caranya, tanam sesuatu yang kecil seperti lidah buaya, daun cincau, jahe, temulawak dan tanaman obat berguna lainnya di ambang jendela. Asalkan mendapat sinar matahari yang cukup, sekecil apapun bidang tanah yang Anda miliki masih dapat digunakan untuk menanam berbagai tanaman. Pilih tanaman yang mudah perawatannya untuk pemula, seperti tomat, selada, dan wortel.

Tidak ada alasan lagi untuk menunda gaya hidup organik yang sehat karena masalah terbesar sekalipun yaitu anggaran ternyata bisa dipecahkan dengan mudah. Tidak sulit bukan untuk memulainya?

 


Responses
Write a responses...
Redeem Cart