Family & Relationship

All about Family & Relationship


4 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memilih Gaya Hidup Sehat

panduan untuk menjalani pola hidup sehat secara efektif

26 September 2019 8:00

Menjalani pola hidup organik sangat menguntungkan tidak hanya untuk kesehatan tapi juga lingkungan Anda. Bahan organik memang mampu menyelamatkan Anda dari efek negatif bahan kimia dan pestisida, sementara juga mendorong keberlanjutan dan keanekaragaman hayati.

Meski begitu beralih ke produk makanan dan perawatan kulit organik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tanpa didukung wawasan dan informasi yang tepat, Anda akan mudah terombang-ambing oleh praktik marketing yang penuh hasutan.

Agar tidak menjadi korban penipuan perusahaan-perusahaan nakal, berikut empat panduan untuk menjalani pola hidup organik secara efektif.

1. Memahami bahwa organik tidak selalu berarti sehat

Ketika produk makanan atau perawatan kulit dipasarkan sebagai organik, Anda jangan serta merta mempercayai bahwa produk tersebut benar-benar bebas pestisida. Di AS, sebanyak 25 persen makanan organik ditemukan mengandung bahan kimia. Penyebab utamanya adalah kontaminasi yang tidak terkendali, yang dapat disebabkan oleh tanaman organik menerima pestisida dan bahan kimia dari hembusan angin atau rembesan air yang terkontaminasi dari pertanian terdekat.

Fakta lain yang mengejutkan adalah banyaknya perusahaan yang membeli atau memalsukan sertifikat organik. Seperti diketahui, proses inspeksi untuk makanan yang menggunakan label organik tergolong rumit sehingga petugas seringkali hanya memeriksa dokumen dan mewawancarai pemilik lahan serta pengantar barang tanpa benar-benar menguji produk atau tanah yang digunakan untuk menanam bahan organik.

Waspadalah saat Anda akan membeli produk organik dari negara lain. Meski makanan impor biasanya memenuhi standar A.S., penguji dan pemberi sertifikasi jarang pergi ke luar negeri untuk memverifikasi klaim perusahaan asing tentang produk mereka.

Anda juga perlu melakukan riset sebelum membeli produk organik, tentang bagaimana petani atau produsen organik melindungi produk mereka dari kontaminasi. Untuk mengurangi residu pestisida atau bahan kimia pada produk yang sudah terkontaminasi, sebaiknya Anda mencuci tanaman dan makanan dengan saksama sebelum mengonsumsinya.

2. Belajar membaca label

Banyak perusahaan menyertakan logo alami dan organik pada kemasan produk untuk meyakinkan pembeli. Padahal mereka mungkin tidak dapat membuktikan keaslian produk mereka.

Pelajari cara membaca label dan perhatikan bahan-bahan yang seharusnya tidak ada dalam produk yang akan Anda beli. Sebaiknya hindari produk yang mengandung pengawet, bahan kimia dan bahan tambahan lain yang tidak Anda ketahui.

3. Memulai dengan perubahan kecil

Menjadi organik adalah sebuah proses yang panjang yang tidak bisa dilalui dalam satu malam. Organik adalah cara hidup sehingga perlu dilakukan dengan persiapan matang, terencana dan berkelanjutan untuk meraih hasil yang maksimal.

Mulailah dengan melakukan perubahan kecil seperti menanam kebutuhan rempah-rempah di halaman rumah, belanja sayuran dan buah-buahan dari petani organik lokal atau mengganti barang rumah tangga dengan yang organik. Bila memiliki bayi, Anda dapat mengganti popok, pakaian dan tempat tidur yang terbuat dari bahan organik. 

4. Mengetahui perbedaan antara organik dan alami

Saat membeli produk makanan dan perawatan kulit, Anda mungkin sering merasa tergoda untuk beralih dari yang organik ke yang alami karena tawaran harga yang lebih menarik. Tetapi ketahuilah bahwa bahan alami tidak melalui pengawasan yang super ketat seperti yang diterapkan pada bahan organik sehingga tidak ada jaminan keamanan pada produk-produk alami tersebut.

Menurut USDA, 'organik' dan 'alami' tidak dapat  saling menggantikan dalam penggunaannya. Hal ini disebabkan karena tidak ada regulasi yang jelas sehingga perusahaan dan produsen makanan dapat dengan mudah menggunakan 'alami' dalam label mereka meskipun produk mengandung sejumlah besar bahan sintetis dan olahan.

Manakah yang lebih baik organik atau alami? Meski tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa makanan organik lebih sehat dari makanan non organik, tapi peneliti mengklaim bahwa makan organik dapat mengurangi paparan seseorang terhadap logam berat dan juga meningkatkan asupan antioksidan alami.


Responses
Write a responses...
Redeem Cart