Connect with us

Mamapedia

Berkenalan dengan Fase Stranger Anxiety

Photo: Freepik

Baby

Berkenalan dengan Fase Stranger Anxiety

Seiring waktu dan bounding yang terbentuk, si Kecil hanya ingin melekat pada Mama. Si Kecil yang waspada akan mulai menolak terhadap orang lain selain Mama, karena merupakan hal baru dan belum terbiasa

Pernahkah si Kecil tiba-tiba menangis ketika akan digendong oleh Neneknya? Padahal Mama rutin mengenalkan dan mempertemukan si Kecil dengan sang Nenek seminggu sekali. Tidak perlu khawatir Mama, si Kecil mungkin sedang mengalami  Stranger Anxiety.

Stranger anxiety adalah bentuk ketakutan yang dialami oleh si Kecil saat mereka bertemu dengan orang yang tidak mereka kenal. Stranger anxiety merupakan tahapan perkembangan emosi yang umum terjadi ketika si Kecil berusia 7 hingga 18 bulan. Melalui stranger anxiety si Kecil mulai mengenali orang tuanya dengan orang  asing, dan hal ini membuktikan bahwa si Kecil memiliki perkembangan emosi yang sehat.

Di usianya yang menginjak 7 bulan, di mana penglihatannya pun hampir sempurna si Kecil lebih mudah mengenali Mama melalui wajah. Hal ini berbeda dibandingkan ketika ia baru lahir, beberapa bayi mengenali ibunya melalui aroma dibandingkan penglihatanya yang masih berkembang.

Tanda Stranger Anxiety

Ketika Si Kecil bayi, ia nyaman dengan Mama atau dengan orang lain yang mengendongnya. Namun seiring waktu dan bounding yang terbentuk, ia hanya ingin melekat pada Mama. Si Kecil yang waspada akan mulai menolak terhadap orang lain selain Mama, karena merupakan hal baru dan belum terbiasa.  Ketika stranger anxiety terjadi, si Kecil akan memperlihatkan pertanda berikut ini yang Mama harus kenali.

  • Menangis atau berteriak.
  • Mendadak terdiam.
  • Terlihat takut atau ragu

Memang tidak semua  mengalami kecemasan ini secara signifikan, namun sebagian besar menunjukkan kecemasan ini sampai batas tertentu. Bagi banyak anak, ini merupakan fase yang pendek, namun untuk beberapa anak lainnya hal ini bisa terus bertahan sampai dengan masa batita.

Tips Mengatasi Stranger Anxiety.

Dukungan Mama dan Papa, sangat dibutuhkan si Kecil ketika ia mengalami stranger anxiety. Emosi merupakan hal yang baru dan si Kecil belum tahu cara menanganinya. Lakukanlah tips berikut ini yang dapat membantu si Kecil melalui stranger anxiety.

  • Kontak fisik.

Lakukan kontak fisik dengan perlahan, seperti mengendong atau mengandeng tangan ketika memperkenalkan dengan orang baru. Jelaskan bagaimana cara mengendong yang disukai si Kecil, sehingga ia bisa merasa nyaman dengan orang baru tersebut.

  • Tunjukkan keramahan dan semangat.

Ketika si Kecil mendengar dan melihat nada yang menyenangkan, ia akan lebih mudah mempercayainya. Pada beberapa anak, suara pria yang baru dikenal terkadang dapat membuatnya takut, cobalah  berkenalan dengan menyanyi. Dengan menyanyi akan menghilangkan kesan serius dan menakutkan.

  • Jangan terlalu memaksa

Pengenalan terhadap orang baru, mungkin memerlukan waktu yang berbeda. Janganlah terlalu memaksak, tunggu hingga si Kecil tenang dan tidak terlalu rewel. Untuk merebut hatinya, bisa dengan bermain Cilukba jarak jauh terlebih dahulu, lalu perlahan mendekatinya.

  • Kenalkan secara rutin.

Si Kecil akan lebih mudah terbiasa dengan orang baru bila dilakukan secara rutin. Sebelum bertemu, sebaiknya Mama menjelaskan bahwa ia nanti akan bertemu dengan orang baru. Dan ketika pulang di rumah, Mama bisa kembali mereview pengenalan dengan orang baru tersebut. Salah satu waktu terbaik, adalah pertemuan keluarga. Di mana Mama bisa mengontrol suasana dan memberitahukan informasi stranger anxiety si Kecil kepada keluarga.

  • Beritahukan pada lingkungan sekitar.

Ingatkan pada orang- orang yang ingin mendekati, jangan terlalu heboh. Secara tenang dan perlahan yang akan membuat anak menjadi nyaman.

Continue Reading

Memulai kariernya sebagai make up artist, setelah lulus dari UNPAR pada 2011. Menunda mengejar karier sebagai make up artist sejak hamil dan menjadi full time mom. Menjadi ibu, tidaklah mudah baginya. Keraguan dan banyak pertanyaan dalam dirinya dalam merawat Charlotte. Mencoba berbagi, dengan menulis pengalaman pada akun sosial pribadi, dan berharap dapat membantu orang lain yang sedang bertransisi sebagai ibu baru. Saat ini menulis mengenai parenting dan tumbuh kembang anak menjadi salah satu hobinya diantara aktivitas dalam merawat Charlotte.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Baby

To Top